Disain dan Implementasi Pengendali Lampu Jarak Jauh dan Dekat pada Kendaraan Bermotor secara Otomatis

Edy Susanto • Yudhi Gunardi
Journal article SINERGI • 2013

Download full text
(Bahasa Indonesia, 6 pages)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, kepadatan kendaran di jalan menjadi sangat meningkat, dipacu oleh kebutuhaan masyarakat akan kendaraan yang sangat mempermudahkan mereka menuju kesuatu tempat dengan cepat. Penggunaan lampu jauh dan dekat menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan yang mana pada saat kecelakaan tinggi dan membutuhkan penerangan jarak jauh, tetapi justru lampu yang di gunakan dalam kondisi dekat. Di karenakan factor kelalaian dalam menggunakan fungsi dari lampu jauh dan dekat tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka akan dirancang suatu alat yang melakukan pengaturan kondisi cahaya lampu pijar pada kendaraan melalui perbedaan kecepatan. Dengan bertujuan mengurangi resiko kecelakaan pada malam hari, yang kebanyakan kondisi jalan yang berlubang dan penerangan. Ragkaian yang dibuat adalah suatu rangkaian alat yang dapat melakukan pengaturan kondisi cahaya lampu pijar pada kendaraan melalui perbedaan kecepatan. Dalam alat ini kondisi lampu pijar pada kendaraan diatur kondisi cahayanya sebanyak 2 (dua) kondisi, kondisi jauh dan kondisi dekat. Sensor yang menilai bahwa kecepatan kurang dari 50 km/jam akan mengirimkan perintah kepada rangkaian control dengan IC ATmega 8535, untuk mengkondisikan lampu pijar menyala dengan jarak dekat.Begitu juga sebaliknya, bila sensor menilai bahwa kecepatan kendaraan melaju dengan kecepatan lebih dari 60 km/jam maka, kondisi lampu pijar menyala dengan jarak Jauh.

Metrics

  • 294 views
  • 398 downloads

Journal

SINERGI

SINERGI is a peer-reviewed international journal published three times a year in February, June, ... see more