Analisa Kepuasan Pelanggan sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan di Sf Digital Photo Service

Heru Kesumajayansyah • Budi Yuwono, M. Ari
Journal article SINERGI • 2014

Download full text
(Bahasa Indonesia, 8 pages)

Abstract

Ditengah persaingan saat ini yang sangat ketat menuntut Perusahaan harus dapat meningkatkan kualitas pelayanannya agar dapat terus mempertahankan pelanggan yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui mengetahui perbedaan (gap) antara persepsi pelanggan dengan harapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan, mendapatkan gambaran tentang atribut kualitas apa yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan, dan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan Perusahaan selama ini. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode servqual dan Importance Performance Analysis (IPA). Pengumpulan data diperoleh dari survei yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 pelanggan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa gap rata – rata yang diperoleh bernilai negative yaitu -0,323 dengan tingkat kepuasan rata - rata 92,83% yang berarti pelayanan yang diberikan masih berada di bawah harapan dari pelanggan. Gap tertinggi berada pada dimensi empati yaitu sebesar -0,465 dengan tingkat kepuasan 89,83%. Dan gap dengan nilai terendah berada pada dimensi reliable yaitu sebesar -0,227 dengan tingkat kepuasan sebesar 94,97%. Dari analisa matrix importance performance didapat atribut teknologi yang modern dan pemberian informasi yang mudah dimengerti berada pada kuadran I, yang berarti atribut ini harus dilakukan perbaikan.

Metrics

  • 606 views
  • 2216 downloads

Journal

SINERGI

SINERGI is a peer-reviewed international journal published three times a year in February, June, ... see more