Analisis Kualitas Produk dan Korelasinya terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen dengan Metoda Statistical Process Control

R. Bagus Yosan
Journal article Sinergi • 2017

Unduh teks lengkap
(Bahasa Indonesia, 7 pages)

Abstrak

Pada tahun 2016, penjualan produk Smartphone XYZ di PT XYZ sebesar 208.290 unit, masih terbilang kecil dibandingkan dengan kompetitor yaitu produk AAA yang merupakan produk lokal pada tahun 2016 sebesar 1,7 juta unit. Dengan begitu, PT XYZ harus melakukan perbaikan agar bisa meningkatkan penjualan. Penjualan total XYZ adalah 11 % dari penjualan produk AAA, maka divisi smartphone PT XYZ harus segera melakukan perbaikan untuk mengejar ketertinggalan volume penjualan. Peningkatan performansi penjualan harus ditinjau dari analisa kualitas produk dan korelasinya terhadap tingkat kepuasan konsumen dengan metoda statistical process control. Pengujian data dalam riset ini menggunakan perangkat lunak SPSS ver 17. Hasil yang diharapkan dalam riset ini adalah PT XYZ dapat menemukan hubungan dan melakukan perbaikan agar penjualan smartphone XYZ mengalami peningkatan. Hasil dari riset ini didapat bahwa konsumen menilai bahwa kemampu perbaikan / serviceability adalah hal yang penting dengan point alpha 0,879.

Metrik

  • 436 kali dilihat
  • 1154 kali diunduh

Jurnal

Sinergi

Jurnal Ilmiah Sinergi adalah peer-reviewed jurnal yang diterbitkan 3 (tiga) kali dalam setahun, y... tampilkan semua