Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Performance Prism dan Scoring Objective Matrix (Omax) pada PT. Bpas

Adianto Adianto • M. Agung Saryatmo • Ardi S. Gunawan
Journal article Sinergi • 2014

Unduh teks lengkap
(Bahasa Indonesia, 10 pages)

Abstrak

Kinerja merupakan suatu tampilan keadaan secara utuh atas Perusahaan selama periode waktu tertentu. PT. BPAS adalah sebuah Perusahaan yang bergerak dalam bidang industri papan semen. Selama ini sistem pengukuran kinerja di PT. BPAS belum merepresentasikan kinerja organisasi secara komprehensif dan integratif. Oleh sebab itu pengukuran kinerja perlu dilakukan pada PT. BPAS dengan menggunakan metode Performance Prism dan Scoring OMAX agar dapat meningkatkan kinerja Perusahaan secara maksimal. Performance Prism merupakan pengukuran yang terintegrasi, meliputi seluruh aspek Perusahaan (stakeholder) yang menyangkut kepuasan stakeholder dan kontribusi stakeholder, strategi, proses dan kapabilitas kepada Perusahaan. Pengukuran kinerja dalam penelitian ini akan dilakukan secara bertahap dengan menggunakan beberapa metode antara lain pembobotan dengan Analytical Hierachy Process (AHP) untuk mengetahui skala nilai prioritas setiap KPI, Scoring System dengan metode Objectives Matrix (OMAX) dan Traffic Light System untuk mengetahui level setiap KPI pada Perusahaan di tingkat korporasi. Dari hasil pengukuran kinerja pada PT. BPAS terdapat 16 KPI yang telah sesuai dengan harapan, 19 KPI yang masih memiliki performa yang cukup namun perlu diperhatikan dan 5 KPI yang memiliki performa sangat rendah. Sehingga didapatkan kesimpulan yaitu Perusahaan perlu memperbaiki 5 KPI kinerja agar Perusahaan dapat meningkatkan keseluruhan kinerjanya secara maksimal.

Metrik

  • 1172 kali dilihat
  • 4011 kali diunduh

Jurnal

Sinergi

Jurnal Ilmiah Sinergi adalah peer-reviewed jurnal yang diterbitkan 3 (tiga) kali dalam setahun, y... tampilkan semua